Kamis, 27 Juni 2013

Sekitar 97 orang Calon Jemaah haji ditunda keberangkatannya


Rembang-Adanya pemangkasan  kuota haji sebesar 20 persen kepada semua negara yang diterapkan pemerintah Arab Saudi karena adanya renovasi Masjidil haram imbasnya juga dirasakan  bagi calaon jemaah haji asal kabupaten Rembang. Karena tentunya dipastikan ada pengurangan kuota haji.

Menurut keterangan kasi Penyelenggara haji dan Umrpoh Kemenag rembang Athoillah dari hasil rakor haji tingkat jawa tengah saat ini, kementrian agama belum bisa mengumumkan jumlah pemangkasan kuota Haji 20 persen , karena baru memverifikasi kuota haji baru untuk  nasional  setelah adanya laporan calon jemaah haji yang mengundurkan diri, meninggal dan berumur di atas 75 tahun. Sehinga penetapan pengumuman pengurangan kuota haji sebesar 20 persen masih menunggu Kuota nasional.

Namun Sesuai gambaran kasar menurut Athoillah dari sejumlah 624 calon jemaah haji kabupaten rembang  yang melunasi sekitar 597 orang. Nantinya  apabila dipotong sekitar 20 persen  akan muncul pada kisaran angka 97-an orang yang  ditunda keberangkatannya, sehingga yang berangkat berkisar 507 orang, jumlah ini praktis diluar  non TPHD dan TPHI. 

Lanjut Athoillah rencananya pemotongan 20% diprioritaskan dengan pertimbangan calon jemaah haji Sudah lunas, Umur diatas 75 tahun, tidak mandiri atau kurang sehat  dan kuota terakhir 2013. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag rembang Athoillah menambahkan  mereka yang nantinya ditunda keberangkatan haji tahun 2013 nantinya akan diprioritaskan keberangkatannya ditahun berikutnya.( affandi )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.