Kamis, 03 Mei 2012

Desa Megulung diidentifikasi tim verifikasi ODF


Sumber-Desa Megulung, kecamatan Sumber, hari rabu (03/5) didatangi tim verifikasi desa ODF-Open Defecation Free (Bebas Buang Air Besar Sembarangan) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Kegiatan verifikasi meliputi wawancara dan mengecek jamban warga.
    
Ketua tim verifikasi-Aris Suryono mengatakan, tugas dari tim yaitu untuk memantau dan memverifikasi desa yang mengusulkan desa ODF dan mengecek apakah para warga desa sudah tidak BAB di sembarang tempat. 

Aris Suryono yang juga kepala bidang pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan (P2PL) Dinas kabupaten Rembang mengungkapkan, setelah kegiatan ini nantinya apabila skor sesuai dari beberapa kriteria, Desa megulung dapat diusulkan dan dijadikan desa ODF. Pendeklarasian sebagai desa ODF rencananya akan dilakukan oleh Bupati Rembang.
    
Aris Suryono menjelaskan, desa di kabupaten Rembang yang mengajukan usulan sebagai desa ODF ke dinas Kesehatan selain desa Megulung yaitu desa Ngulaan, kecamatan Bulu, desa Lemahputih kecamatan Sedan, desa Gunem dan desa Trembes kecamatan Gunem.
    
Sementara itu kepala desa Megulung-Suparno menerangkan, dari 283 Kepala Keluarga di desa Megulung yang sudah mempunyai jamban sebanyak 248 kepala keluarga. Sedangkan 35 kepala keluarga menumpang ke jamban milik saudaranya.(Masudi )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.