Jumat, 25 Mei 2012

4 desa menjadi sasaran program Desa wisata


Rembang-4 Desa di wilayah kecamatan Lasem Tahun 2012 ini menjadi sasaran program desa wisata,dari PNPMMD tahun 2012. yakni desa Babagan, Bonang, Binangun, dan desa Gedung Mulyo.
.
Kepala Dinas Kebudayaan pariwisata pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Rembang  Nor Efendi melalui Kabid Pariwisata Murni Nur Rif’ah mengatakan,  ke 4 desa  menjadi sasaran desa wisata karena mempunyai produk unggulan, baik souvenir, obyek wisata,  budaya maupun religi sebagai pendukung kunjungan wisata.

Selain itu syarat lain yang harus dipenuhi adalah masing-masing desa memiliki Home stay  yakni rumah warga yang bisa digunakan menginap wisatawan, agar betah berkunjung  ke desa wisata. Keberadaan Home Stay ini diharapkan   bisa mengenalkan potensi  keparawisataan, seperti  pendiidikan, penelitian, Makanan khas,  budaya lokal, pertanian dan potensi lain yang dimiliki desa. 

Murni menambahkan,  keberadaan maisng-masing desa wisata saat ini  telah memiliki Home stay, tercatat untuk desa Gedung Mulyo ditempati 30 Home stay, Desa babagan 15 , desa Biangun 1, dan  Desa Bonang dalam tahap sosialisasi.

Dari program PNPMMD desa wisata ini  Desa Binangun dan Gedung Mulyo menerima alokasi anggaran masing-masing sebesar Rp 70 juta , sedangkan desa Babagan dan Bonang menerima Rp 100 Juta. Sebelumnya tahun 2011 lalu Desa Babagan dan Bonang menerima alokasi PNPMMD program desa wisata sebesar Rp 65 Juta.(fandi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.